Minggu, 30 Oktober 2011

Pengaruh Penggunaan Kawat Gigi

Pemakaian kawat gigi termasuk bagian dari tindakan perawatan dalam bidang kedokteran / kesehatan gigi. Karena itu tindakan ini harus punya alasan medis. Pemakaian kawat gigi dimaksudkan untuk merapikan gigi yang letaknya tidak beraturan.
Dari segi pasien : kalau gigi dari semula sudah rapi, pemakaian kawat gigi jadi pekerjaan yang mubasir & tak ada manfaatnya selain buang-buang tenaga, waktu dan juga uang. Ingat juga pakai kawat gigi itu bukan proses nyaman !
Dari segi dokter gigi : melakukan tindakan yang tidak ada alasan medisnya berarti melakukan pelanggaran etika.
Catatan : pada masa kini memang ada sekelompok orang yang melakukan hal ini semata-mata untuk mengikuti trend, Ironisnya sebagian dokter gigi mau melayaninya
Pengaruh pemakaian kawat :
a. yang positif: jika perawatan berhasil, gigi menjadi rapi.
b. yang negatif  : Pemasangan kawat behel biasanya menyebabkan rasa pegal pada gigi yang sedang ditarik, diputar atau didorong. Namun, tentu saja dalam batas yang masih bisa ditoleransi oleh tubuh kita. Kalau terlalu besar gayanya, gigi bisa rusak / mati syarafnya, sebaliknya bila kurang tentu tidak akan efektif. Dokter gigi yang melakukan perawatan / pemasangan  kawat ini  sudah memperhitungkan besar gaya tersebut dengan seksama.
Jangka waktu pemakaian behel tergantung dari berat ringannya kelainan susunan gigi yang dirawat. Ketaatan dan  kerjasama pasien dalam menjalani perawatan juga berperan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar